HeLL-dA’s Words on Press

Selalu Isu Ini…

Posted on: September 10, 2008

Pemanasan global! Ya, isu ini yang hampir setiap hari selalu dibicarakan. Tak pernah luput pembicaraan mengenai cara-cara pencegahannya di setiap media massa. Berikut beberapa di antaranya:

Beberapa hari yang lalu, saya membaca topik tentang ini di salah satu surat kabar kota Medan dan baru saja saya menemukan website yang berisikan mengenai pemanasan global. Mereka mengatakan bahwa dengan menjadi vegetarian, hal tersebut turut menyumbangkan kepedulian kita terhadap bumi ini. Saya lupa bagiamana proses kenaikan suhu bumi jika kita mengonsumsi daging.

Kemudian, saya juga pernah membaca bahwa penerbangan di malam hari ada hubungannya dengan pemanasan global. Bagaimana ceritanya? Begini penjelasan yang diberikan: Jejak kondensasi yang ditinggalkan oleh pesawat jet mempengaruhi suhu atmosfer. Pada siang siang hari, jejak-jejak ini memantulkan sinar matahari sehingga atmosfer mendingin. Sebaliknya pada malam hari, jejak-jejak ini merangkap panas yang ada di bawahnya. Jadi, terbang pada malam hari – yang disebutkan pada bacaan saya tersebut yakni pada pukul 6 sore sampai pukul 6 pagi turut menyebabkan pemanasan iklim.

Selain itu, remote control juga dituding ada hubungannya dengan gas rumah kaca. Loh? Sebenarnya prinsipnya sederhana saja, pada saat remote control tersebut dijalankan, pastinya TV, perekam videodan alat-alat elektronik lainnya harus menyala juga. Bukankah pemakaian listrik jadi membludak?

Setahun yang lalu kalau tidak salah, pada saat marak-maraknya listrik padam di kota saya, kemudian pemadamannya juga pasti ada pada saat malam hari. Ya, hal ini juga sangat membantu untuk menyelamatkan bumi kita.

Masih banyak pencegahan-pencegahan yang dilakukan lagi untuk melindungi bumi kita ini. Ada yang mengurangi pemakaian parfum, ada yang berusaha mengganti kulkasnya menjadi yang berlabelkan “non-CFC” atau mungkin bahkan tidak memiliki kulkas lagi. Tindakan-tindakan ekstrim menurut saya juga dilakukan-ada yang rela menjadi vegetarian, seperti yang disebutkan di atas. Gerakan menanam seribu pohon (yang kalau tidak dipelihara, toh sama saja.😆 ) Argh! De el el-lah.

Kita semua pasti tahu apa saja akibat dari pemanasan global. Tak perlu saya menjelaskan apa-apa lagi mengenai hal ini, mulai dari seluk-beluk dan akibat-akibatnya. Salah satu contoh akibat dari pemanasan global telah dijelaskan oleh gambar ini yang saya temukan di New York Times online:

Beruang kutub

Beruang kutub

Ya, sungguh kasihan, karena mencairnya es di Arktik, beruang kehilangan lahan untuk berburu.

Hmm… Yang perlu kita lakukan sekarang ini adalah lakukanlah apa yang kita bisa! Mulai dari hal-hal kecil saja pun itu sangatlah membantu. Tak perlu hal-hal ekstrem (bukan berati hal ini tidak boleh dilakukan. Tentu saja boleh!😉 ).

Dari AARP Magazine versi online-nya, saya menemukan gambar di bawah ini:

Protect This Earth

Protect This Earth

Ya, lindungi bumi kita ini! Terutama para generasi muda yang selanjutnya akan hidup bersama generasi berikutnya, sudah siapkah kita untuk merasakan dampak-dampak yang jauh lebih buruk lagi akibat pemanasan global? Menurut saya, kita tidak akan pernah siap dan sanggup untuk itu. Oleh karena itu, lakukanlah yang terbaik untuk bumi yang kita cintai ini!😉

11 Tanggapan to "Selalu Isu Ini…"

hii..!!!salam putra sebiduk semare…!!!
o’ya kalo pemanasan global mungkin salah satu nya yg helda tulis… tapi ada penyebab yg lain nya yaitu karena bumi kita semakin tua…ada nya pengeseran geografis bumi yg menyebab kan menyempit nya dataran…dan menipis nya oksigen karena atmosfer bumi makin menipis..!!!!
o’ya jangan lupa maen ke blog jay ya biar lebih akrab..!!

Terima kasih atas infonya…😉

..dah banyak upaya utk mengurangi global warmin’ itu, sebagai efek dari rumah kaca…. mulai dari pengelolaan limbah nuklir, konservasi hutan tropis, kulkas dan ac yg ramah lingkungan, sampe pada masalah pesawat.. konon inggeris sedang mengembangkan pesawat yg ‘ramah’ dan tidak terlalu boros energi juga gak terlalu ninggalin jejak kondensasi di udara..
sekarang siklusnya agak rumit, bumi makin panas, sehingga ac dan pendingin makin intens dan berdampak pada bumi yg malah makin panas lagi… gak bisa kebayang kalo es2 di kutub pada mencair, separohnya ajah…wah kejadian ‘banjir besar global’ akan terulang..

Hmm…😉

hm… info yang menarik….
tapi kalo orang2 masih memikirkan diri sendiri,
agak sulit untuk memberi artikel seperti ini…🙂

aniwey… great post…😀

sungguh mulia PLN ternyata. dengan sering2-nya dia melakukan pemadaman listrik, berarti telah menyumbang kepada upaya meredam pemanasan global.

padahal untuk tindakan mulainya itu, PLN malah mendapat sumpah serapah dari kita.

ah, Puji PLN!

Kalo’ listriknya padam malam hari, ya itu baik toh..
Namun, yang sangat disayangkan, di siang hari jg matek..

Ekkk….
Matekkk….
Huwekkk…
:mrgreen:

cewek2 yg pake baju keliatan udelnya jg mendukung global warming kali ya… ngurangi bahan sm detergen😆

@Pimbem

Benerrr…
Grrr….
:mrgreen:

Nice posting Hell…
Well… bumi kita cuma satu.. bumiku dan bumimu
Jangan sampe rusak deh bumi yg cuma satu ini😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Logo Lomba Blog Remaja Kisara 2008

Dokumen

Stat (Agt'08)

  • 55,158 pengamat

Add to Technorati Favorites web stats PageRank Bloggerian
 Top Hits My BlogCatalog BlogRank 100 Blog Indonesia Terbaik

Click-click

Yuk.Ngeblog.web.id Blog Kisara

Recent Readers

View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile

RSS Beasiswa Scholarships

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Curhat Online

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Grill Recipes

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Twitter Update

%d blogger menyukai ini: