HeLL-dA’s Words on Press

Bahasa Medan

Posted on: September 1, 2008

Teringat lagi akan posting-an di salah satu forum Medan punya, saya pun ingin memperkenalkan istilah-istilah Medan. Silahkan simak dialog berikut: (Welcome 2 Medan’s world😆 )

Helda: Sim, mana orang Russell?

Shima: Napa rupanya?

Helda: Palak kali aku nengok dia!

Helda: Dicuriknya pulak bon-bonku semalam…

Shima: Yah, kok baru sekarang pulak ko bilang samaku. Lagipula, dari hari itu kan dah kubilang samamu… Mentiko kali dia tuh!

Helda: Cemanalah… Mana awak tau-tau dia ecek-ecek atau nggak… Alasannya, mau ngambil setip di tasku.

Shima: Sekarang dia udah pigi ngantar mamak ke pajak. Nantilah ko mencak-mencak depan mamak biar dimarahi dia.

Helda: Eh, aturannya kau aja tadi yang ngantar mamak! Ntah mintak apa-apa pulak nanti dia! Mau blik apa rupanya mamak?

Shima: Minyak makan sama minyak lampu.

Helda: Dianter pakek kereta mamak ya?

Shima: Ya iya lah, masa ya iya dong! Emang naek montor? Naek mobil sewa dah mahal sekarang… 3000 sekali naek..!

Helda: Mana tau ya kan?

Shima: Eh, dah kau siapkan kliping-mu?

Helda: Makjang! Mampuslah aku!

Shima: Selo kao… Kan ada orang Romy.

Helda: Ah! Nggak ditergenya lagi aku..

Shima: Aku tau… Habisnya muncungmu pun recok kale! Pasti ko kasih tau kan rahasianya ama orang…

Shima: Tu lah ko!

Helda: Mana

Shima: Udahlah, datang aja ko sekarang ke rumahnya. Minta maap..

Helda: Dah gerot kau kurasa!

Shima: Dipala-palain napa demi PR-mu…

Helda: Kita masih punya harga diri… Eh, Bagudung! As ko dulu, mau ngambil bukuku dulu aku…

Helda: Eh, teringatnya, kek mana tarik-tarikanmu itu?

Shima: Dah enceng kami…

Helda: Ah, nggak enak kali orang itu!

Shima: Iya, aku pun palak!

Helda: (Melihat ke luar jendela) Eh, si apa itu mau ngompas apanya si Ucok kayaknya..

Shima: Apanya si Ucok? Kau pun ngomong nggak jelas!

Helda: Gulinya si Ucok..

Shima: Memanglah si Badu itu. Bandal kali kutengok… Sering pun dia maen-maen di pasar, tabrak montor baru tau dia!

Helda: Cak ko marahi dulu dia sana..

Shima: Ya ya ya… Lalaplah kau suruhi aku!

Helda: Hehee…

Kata-kata yang dicetak tebal adalah istilah-istilah yang sering dpakai orang Medan

Beberapa akan saya artikan:

Palak = kesal

Nengok = melihat

Bon-bon = permen

Mentiko = sok

Setip = penghapus

Pajak = pasar

Aturannya = seharusanya

Minyak makan = minyak goreng

Minyak lampu = minyak tanah

Kereta = motor/sepeda motor

Montor = mobil

Mobil sewa = angkot

Siapkan = selesaikan

Makjang = astaga!

Selo = berasal dari kata “slow”

Terge = perhatikan

Muncung = mlut/bibir

Recok = ribut

“Mana” pada kalimat di atas menunjukkan ketidaksetujuan.

Gerot = geger otak

Dipala-palain = diusahakan

Bagudung = tikus (bahasa Batak)

As = awas!

Tarik-tarikan = jula-jula (Kalian tahu jula-jula? Nggak tahu aku bahasa Indonesia sebenarnya😆 )

Enceng = selesai

Orang itu = mereka

Ngompas/kompas = malakin/malak

Guli = kelereng

Pasar = jalanan

Lalap = selalu

Oya, istilah “orang Russell” di atas juga sering digunakan, padahal seharusnya kata “orang” tak perlu dipakai.😆

Semoga bermanfaat… Hehehe…😀

Untuk lebih lengkap, silahkan join ke forum yang saya lihat itu, klik di sini. (Promosi, euy!)

12 Tanggapan to "Bahasa Medan"

heheh… belajar dikit bahasa medan….

wah ndak mudeng sayah..hehehe ngerti dikit2 doang

horas (logat medan)

Ini cam film naga bonar !

duch..
ga ngerti nech…

lalu,,gimana cara orang medan bilang kereta yang beneran kereta kalau di sana kereta berarti motor?
tapi lucu juga ya…:mrgreen:

wah wah.. makasih jadi tau dikit2 basa medan.. kali aja ntar kapan2 nyasar ke sana..
btw, thx dah mampir ya.. GBU!!

ahh cemana klian itu!:mrgreen:

Kalo’ mau bilang kereta, ya kereta api…
Tapi, bahasa Indonesia versi Medan, nggak pake logat Batak koq… Masih, jauhlah… Hanya, teteup, agak keras dikit…😉

hahahhahahahaha… kami di jkt ngomongnya masih gitu kok kalo kumpul sesama orang medan…
Puas rasanya bisa ngomong gitu, capek ber elu gue..^_^

hahaha medan banget!
Horas mbak! saya juga orang lahir di medan, cuma turunan jawa..
skrg di jakarta
kangen sop daging medan saya. wakakak

jula-jula itu arisan coy…
wakakakakakkkkk
jangan palak dengan ketawa awak ini ya!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Logo Lomba Blog Remaja Kisara 2008

Dokumen

Stat (Agt'08)

  • 55,158 pengamat

Add to Technorati Favorites web stats PageRank Bloggerian
 Top Hits My BlogCatalog BlogRank 100 Blog Indonesia Terbaik

Click-click

Yuk.Ngeblog.web.id Blog Kisara

Recent Readers

View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile

RSS Beasiswa Scholarships

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Curhat Online

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Grill Recipes

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Twitter Update

%d blogger menyukai ini: