HeLL-dA’s Words on Press

Mishima

Posted on: Agustus 27, 2008

Setahun lalu iseng-iseng saya mencari gambar-gambar dengan kata kunci Mishima, yakni nama adik perempuan saya, saya menemukan gambar-gambar ini (Yukio Mishima):

Saya melihat banyak sekali gambar-gambar Mishima yang menunjukkan bahwa dia sedang bunuh diri, namun pada waktu itu saya belum sempat dan belum tertarik untuk mengetahui siapakah gerangan Mishima ini. Barulah ketika saya bertemu dengan seseorang dari Jepang saya mulai mencari tahu tentang Mishima. Pada waktu itu, adik saya memperkenalkan namanya pada orang Jepang tersebut, yaitu Misyma kalau di dalam bahasa Jepang ditulis menjadi Mishima, karena dalam bahasa Jepang tidak ada huruf Y tunggal, terkecuali harus ditambah huruf vokal. Kemudian, si orang Jepang itu langsung menceritakan secara singkat mengenai Mishima. Dia berkata dengan logat Jepang-nya, “Mishima adalah seorang penulis, tetapi dia sangat bodoh karena mau membunuh dirinya.”

Kemarin saya teringat lagi pada Mishima, hari ini terealisasi juga untuk menulis tentang Yukio Mishima atau yang juga dikenal dengan nama aslinya Kimitake Hiraoka. Saya sebenarnya tidak terlalu mengerti mengapa dia melakukannya. Tetapi, setahu saya dia melakukannya karena jiwa patriotisme yang begitu mendarah-daging dalam tubuhnya. Pada 25 Nopember 1970, Mishima dan anak buahnya mendatangi markas besar militer Jepang dan diberi izin masuk. Tetapi ternyata dia menyandara komandan markas di ruangannya. Dia menuntut agat para tentara dikumpulkan di halaman untuk mendengarkan pidatonya mengenai pemulihan kekuatan kekaisaran. Namun pada kenyataannya tidak ada yang mendengarkan dia sehingga dalam beberapa menit dia menyelesaikan pidatonya dan kembali ke ruangan tempat komandan markas tadi disandera, kemudian melakukan ritual sepukku, yaitu ritual bunuh diri dengan cara merobek perutnya dan mengeluarkan ususnya.

Untuk mengetahui latar belakangnya yang tidak saya jelaskan di sini dan ingin menafsirkan sendiri sebenarnya bagaimana perangai Yukio Mishima, silahkan klik di sini.

(Maklum saya baru tahu tentang Mishima ini.😆 )

21 Tanggapan to "Mishima"

serem ama photonya.. mati dipanah atau bunuh diri? kalo bunuh diri gimana manahnya?

Dia bunuh diri dg cara “sepukku” itu, dengan cara merobek perutnya…
Di atas dijelaskan…😉

pencarian Helda terhadap Mishima
patut diacungi jempol
sebuah keingintahuan yang berujung pada
perjumpaan dengan Yukio Mishima
tapi ritual sepukku itu sungguh mengagetkan

serem…gak terlalu jelas banget sih fotonya. tapi cukup membikin takut.hihihihi…

aku tadi hampir baca “sepupuku” loh. bukannya “sepukku” hehehe…

hebat ya km pengen tau nya! berjuang terus ya! Aku tau km gk bisa nyerah!🙂

walah vidionya seyem…

saya hanya liat 1/3 doank …

baru tau Panda tentang Mishima. tapi kok sejarahnya nyeremin yah😦

kok malah ngelakuin sepuku ya? kenapa gak bunuh aja komandan itu?🙄

Mishima penulis yang hebat. saya baca salah satu bukunya (tapi tentu bukan dalam bahasa Jepang).
setau saya waktu dia bunuh diri, beritanya nyebar ke seantero dunia. yahh waktu itu saya masih kecil, untungnya udah bisa baca:)

Hii syereemmm. Atut aku kan masih kecil.

Saya tidak tahu tentang Mishima, tapi melihat akhir hidupnya … sungguh sangat disayangkan.

Tapi orang Jepang modern kan kebanyakan mentalnya bukan mental bunuh diri atau seppuku lagi kan?? Walaupun mungkin masih ada satu dua orang yang seperti itu…….

seram…
tradisi yang aneh..
tapi keberaniannya patut di acungi DJEMPOL!!!
Dua DJempol Ngangkat!!!

saya baru tau ini cerita mishima…😛

weleh… suiremz buangetz….
lam kenal…🙂

Hehe… gambarnya serem nempel di hati…

[…] Whose butt would you like to kick? Mishima. Haha. It will be a loved […]

KonyOL memang sangat KonyOL… mati tersiksa… !!! penghargaan yang di dapat apa coba..??hanya acungan jempol belaka..!! hargailah nyawa kita.. cayoooo

mati bunuh diri sama aja ngelemparin diri ke dalam neraka…kalo mao nunjukin jiwa patriotisme,mari kita isi kemerdekaan ini sama hal yang positif…aku jijik banget lihat vidio sepuku….swer

tapi aq lebih salut dg org yg berani hidup,meski kadang gagal dlm tugas tp tetap berjuang,dan sabar menunggu al maut dtg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Logo Lomba Blog Remaja Kisara 2008

Dokumen

Stat (Agt'08)

  • 55,158 pengamat

Add to Technorati Favorites web stats PageRank Bloggerian
 Top Hits My BlogCatalog BlogRank 100 Blog Indonesia Terbaik

Click-click

Yuk.Ngeblog.web.id Blog Kisara

Recent Readers

View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile

RSS Beasiswa Scholarships

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Curhat Online

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Grill Recipes

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Twitter Update

%d blogger menyukai ini: