HeLL-dA’s Words on Press

Kawin atau Nikah?

Posted on: September 15, 2008

Banyak orang yang salah kaprah mengenai yang satu ene neh… Mereka menganggap artinya sama saja. Saya baru tahu waktu saya SMP, guru saya bilang itu beda. Hmm.. Saya juga berasumsi seperti itu. Tapi, gimana menjelaskannya ya. Oh ya, begini… Ehem.. ehem…

Dalam pelajaran Biologi, bukankah antara tumbuhan atau pun hewan, jika mereka ingin menambahkan keturunan, mereka harus kawin (mana ada kata “nikah” :lol: ). Jadi, “kawin” itu dapat diartikan sebagai pertemuan dua gamet atau fertilisasi. Sedangkan “menikah” adalah seremonialnya.

Jadi, jangan sempat terjadi seperti ini:

Bu Katrok: “Nanti ke kawinannya Bunga ya…”

Bu Norak: “Ya, pastilah. Ndak nggak sabar ngelihat mereka kawin:”

:shock: Emang bisa gitu orang kawin dilihatin? (Bisa, kalo di film XXX. :mrgreen: ). Oke, tak usah berbasa-basi lagi, barusan saya chatting dengan seseorang yang kata-katanya selalu menggigit [sesama blogger juga, nama disensor], jadi dia kasih beberapa perbedaan antara “kawin” dan “nikah”.

Nikah pake surat,
Kawin pake urat.

Setelah nikah, salam-salaman,
Setelah kawin, malas-malasan.

Pas nikah pasti berbusana dari berbagai daerah,
Pas kawin pasti tidak berbusana di seluruh daerah tubuh.

Nikah, bakal ada ramai-ramai neh.
Kawin bakal diramai-ramaikan.
(Apalagi, yg ketahuan ngawinin istri orang :mrgreen: )

Ada yg ingin menambahkan?

23 Tanggapan to "Kawin atau Nikah?"

kalo nikah yang pake resepsi… kalo kawin ya “ngewe”

Sangat trgantung pada terminologi regional (budaya, custom, prokem) seseorang dan banyak-sedikitnya pengetahuan mereka tentang linguistik-prakmatik.

Sekedar saran, asal jangan sampai HAL ini terjadi pd kita semua yg berorientasi seks normal ;)

kawin atau nikah ndak masalah, yang penting rasanyaaaaa he he he

suatu bahasa yg mempunyai makna yg sama namun tergantung penempatan nya .nikah lebih identik dengan seremoni artinya cuma manusia yg memakai istilah tersebut, sedangkan kawin lebih sering di artikan sebagai hubungan intim untuk(reproduksi)
baik hewan atau manusia.walaupun masih ada manusia yg menyebut istilah nikah dengan kawin, ada2 aja nich artikel ……

Dengan kata lain Nikah itu sama dengan = Menyerbuki **bahasa biologi** :P

hahaha… keren… dulu aku juga pernah mendiskusikan tentang ini dengann teman2ku… (weleh mendiskusikan…. gawat bener…. ) hahaha… siiipp… :)

Menurut saya kawin dan nikah sebenarnya sama saja, yang membedakan ya kita2 juga. Agar ada beda kawin beneran dan kawin-kawinan. :lol:

nikah itu bukan sekedar ceremonial, tapi berupa ikatan akan komitmen bersama.

Sedikit berkaitan juga, saya selalu ingat dengan guru biologi SMP saya yang mencak-mencak setiap ada orang bilang kalau hewan peliharaan si A atau si B mau ‘melahirkan’, “Di rumah sakit mana? *nada sinis* Buat hewan itu namanya ‘beranak’, manusia, tuh, baru namanya ‘melahirkan’!” *mata melotot* :lol:

waks,,,,,

klo nikah di KUA …
kawin di kamar dunks ………….

Good Post!!!
ane juga sering tuh bertanya, apa sih beda nikah ama kawin?? trus enakan nikah apa kawin???
“ups, hehehe”

Hahaah,,,,
Right…right..

Keduanya sama aja. Kata kanin itu sama artinya dengan nikah di masa lalu.hanya kerjaan para ilmuan aja yang nggak punya ide buat kata baru sebagai kata “hubungan intin”-nya biatang. Itu menurut saya lo…

..bisa berarti sama.. bisa juga nggak… cuman gara2 kekurang kerjaané para ahli bahasa, seperti pada koment nomer 13 di atas, kata “kawin” lebih merujuk kepada kata kerja..

@ Yudios dan Ariefdj
:mrgreen:
Hueheee…
Moso para ahli bahasa dibilang kurang kerjaaan..

bagaimana dengan penglaman Helda…sudah kawin atau sudah nikah…?

nikah = halal
kawin = ????

huhehehehehehe…..
kawin=mau dunkz……
nikah=mikir dulu ah…..

*ngabur….

aahhh…
istilah doangan pake di permasalahin. yang penting ngarti khan maxudnya apaan pas ngomong apaan…

klo nikah, modalnya gede..

klo kawin, tiker juga dah cukuup!!!

nikah = capek
kawin = capek + nikmat *katanya*

kalo nikah ada batasan minimal umur,kalo kawin gmana?

Upz.. Oh sya baru tau ya pak guru.. Kalo kawin itu arti untuk hewan dan tumbuhan,. Nah sekarang saya mau tanya pak ‘ kenapa kalo di KTP statusnya Kawin bukan Nikah ? Berarti kalo pak guru liat KTP status pak guru sama dong kaya hewan.. Hihihi maaf pak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Logo Lomba Blog Remaja Kisara 2008

Dokumen

Stat (Agt'08)

  • 46,734 pengamat

Add to Technorati Favorites web stats PageRank Bloggerian
 Top Hits My BlogCatalog BlogRank 100 Blog Indonesia Terbaik

Click-click

Yuk.Ngeblog.web.id Blog Kisara

Recent Readers

View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile

RSS Auto Car

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Beasiswa Scholarships

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Curhat Online

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Grill Recipes

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Twitter Update

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: