HeLL-dA’s Words on Press

Introvert (Part 2)

Posted on: Agustus 29, 2008

Kalau diperhatikan pada gambar di atas, satu hal yang kita ketahui dari gadis tersebut, dia memilih untuk berdiri di jendela yang di tengah bukannya pada jendela sebelah kanan apalagi kiri. Sebegitu keras hatinya sehingga menutup pintu hatinya pada orang-orang lain. Hal ini menunjukkan dia tidak peduli dengan orang-orang di sekitarnya, dia memilih untuk hidup sendiri.

Bukankah dia sebaiknya memilih untuk berdiri di depan jendela yang sebelah kiri! Walau tidak mungkin dia akan keluar dari dunia gelapnya itu, paling tidak dia masih bisa mengulurkan tangannya ke luar. Dia bisa merasakan birunya dunia luar. Namun mungkin karena faktor keegoan, tidak ingin dianggap sebagai orang yang lemah dan pasrah saja terhadap keadaannya, dia malah menutup dirinya. Matanya hanya bisa melihat-lihat sedikit dunia luar itu.

Introvert…!

Definisi dari sikap introvert yang saya tahu adalah lebih tertarik pada kehidupannya sendiri, tidak suka keluar dari kehidupannya dan lebih sedikit bersosialisasi. Bukan berarti dia tidak punya teman! Seperti penjelasan sebelumnya, dia bersosialisasi lebih sedikit. Mungkin dia hanya berkutat dengan sahabat akrabnya saja. Introvert juga bukan seorang pemalu.

Menurut saya perasaan ini juga begitu menyiksa terutama mungkin oleh karena depresi yang menyebabkan dia menjadi pribadi yang introvert. Harus terus berada dalam dunianya. Terkadang sedikit saja orang lain menyinggung hatinya (padahal mungkin orang tersebut tidak bermaksud demikian), dia akan sakit hati. Selain itu, jika saja sahabatnya itu mengacuhkan dia, dia merasa kalau sahabatnya itu telah meninggalkan dia. Tidak seorang pun bisa dipercayai dan peduli terhadapnya, begitu pikirnya.

Semoga di antara kita tidak ada yang jatuh menjadi seorang yang berkepribadian introvert. Ini bukan berarti bahwa kita tidak butuh saat-saat untuk sendiri melainkan jangan jadikan penyendirian ini menjadi akut (hikikomori). Saya pernah dengar bahwa salah satu dari empat ciri orang yang akan ‘mati muda’ adalah introvert!

(NB: Saya lupa 3 ciri lainnya, ada yang tahu? :lol: )

16 Tanggapan to "Introvert (Part 2)"

mmm… sepertinya, harus digali lagi deh kelebihan orang introvert. jangan cuman kekurangannya :D hehehehe… karena untuk satu sifat orang, pasti ada kelebihan dan kekurangannya ;)

thanks for dropped by ;)

Thx 4 d comment..
Tetapi, jgn terlalu berlebihan atau bisa dikatakan sampe’ tahap akut..
Ekstrovert pun bisa menjadi kepribadian yg tak bagus jika kelebihan dosis.
Hhehe..

:wink:

introvert or ekstrovert sama saja, yang penting baik hati…

mo nambahin ciri orang introvert yaitu biasanya mampu bekerja dgn baek sendiri. menyukai konsentrasi, berfikir secara subjektif sehingga tidak mudah di pengaruhi. menurut penelitian orang2 eksktrovert cenderung lebih mudah terpngaruh dunia luar/ objektiv shg sangat rawan terhadap pergaulan bebas spt minum minuman keras, narkoba, bahkan seks pranikah. jadi yang merasa dirinya introvert jgn khawatir ya… coz banyak kelebihan yang anda miliki, tergantung bagaimana anda menggali dan mengembangkannya. key…..

Pernah baca kalimat2 ini =

“Sangat sukar bagi seorang ekstrovert untuk memahami introvert,”

Dan itulah yang saya rasakan, termasuk dalam artikel anda, banyak salah pahan tentang introvert.
Saya introvert, cobalah memahami kami, kita bisa hidup berdampingan dengan damai kok :)

uuuhh sedihnya..
Lagi-lagi kaum ekstrovert ga memahami kaum introvert..tolong diingat ya introvert bukanlah pilihan hidup,bukan gaya hidup,namun merupakan orientasi..
Gw introvert..gw sedikit tersinggung dgn artikel di atas yg lbh cenderung melihat kekurangan introvert..

Perlu saya tambahkan,
-walau saya introvert,tp saya tetap bisa hidup di lingkungan besar (kelompok/sosial) saya pernah menjadi ketua Leadership Developmen Progran di RISMAHARAJA (Remaja Islam Masjid Jamie’ Harapan Jaya) jabatan asli saya anggota Departemen Dakwah, saya juga ikut Karang Taruna Indonesia di lingkungan RW dan jabatan saya sekretaris, dan saya juga salah satu pengurus Santunan Bea Siswa anak Yatim dan Dhu’afa di Masjid Jamie’, bukan saya sombong atau pamer..tetapi hal ini membuktikan tidak semua introvert anti sosial..

Namun tetap introvert itu ada dalam diri saya, saya butuh menyendiri, saya benci makan bersama, saya benci pengulangan kalimat, saya tidak suka ditanya tanya dengan detail, saya menganggap obrolan org ekstrovert itu ga penting,

Mohon maaf atas kekurangan saya

“Semoga di antara kita tidak ada yang jatuh menjadi seorang yang berkepribadian introvert ” paragrap5 line 1
–> apa introvert seperti penyakit mental saja ? (inconvenience mode) :-(
menurut saya introvert tidak bisa diubah, karena ini alami, yang perlu dilakukan adalah mencari bidang 2 (kerja, dll) yg sesuai dgan kepribadian introvert.
contohnya (pekerjaan) untuk introvert misalnya engineer,programmer.

lagi2 tanggapan yang salah dari seorang ekstrovert……..
introvert itu normal…
bawaan dari lahir…….
tapi beginilah nasib dari minoritas introvert…….
hidup di dunia yang dikuasai para ekstrovert……
yach jadinya nilai2 yang diterapkan selalu nilai2 org2 ekstrovert:(
sedih gw lihatnya……..
kapan org bisa mengerti bahwa ekstrovert dan introvert adalah hal yang saling melengkapi satu sama lainnya…….
bukan perbedaan dimana introvert adalah org yang aneh……..

waah, seumuran adik saya tapi sudah nge-blog seperti ini :)
artikel yang menarik :)
hoho, themes-nya sama dg punya saya nih :cry:

maap salah emot…maksudnya bukan :cry: tapi… :lol:

g gitu jg kaleee

tergantung orangx jg kale bro, yg jlas np org bs mati muda karena

iman di hatinya udah ketutup ma bujukan setan so bukan karena

mereka introvert.

Meskipun dy introvert tp agamanya kuat, insya allah g akan ky gt

hmm…. gag juga ah…. menurut saya, ini artikel yang terlalu cepat

mengambil kesimpulan. Introvert adalah sebuah kepribadian yang

dibawa, bukan yang dibentuk oleh keadaan. Seorang introvert

merasa nyaman dengan suasana sepi yang menyejukkan hati..

tidak seperti Extrovert yang cepat bosan, terlalu banyak bicara dan

bahkan kadang kurang pertimbangan dalam memecahkan

masalah. Masalah mati muda itu…. tergantung bagaimana cara

seorang introvert menanggapi masalah tersebut dari segi positif ataupun negatif

Extrovert always talks crap.

bagaimana anda bisa menyimpulkan begitu hanya karena anda extrovert? Setiap kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing trims

Warren Buffet, Clint Eastwood, George Lucas, Michele Pfeiffer, Steven Speilberg, Woody Allen, Tom Cruise, Julia Roberts, Meg Ryan, Christina Aguilera, Johnny Carson, Michael Jordan, Robert Deniro, Gwyneth Paltrow, Meryl Streep, David Letterman, Alfred Hitchcock, Thomas Edison, Harrison Ford, dan Bill Gates.

mereka semua introvert

lihat komen2 diatas? itu adalah komentar introvert..
orang2 yang lebih banyak berfikir sebelum berbicara.
hati-hati..

Tinggalkan Balasan

Logo Lomba Blog Remaja Kisara 2008

Dokumen

Stat (Agt'08)

  • 46,260 pengamat

Add to Technorati Favorites web stats PageRank Bloggerian
 Top Hits My BlogCatalog BlogRank 100 Blog Indonesia Terbaik

Click-click

Yuk.Ngeblog.web.id Blog Kisara

Recent Readers

View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile

RSS Auto Car

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Beasiswa Scholarships

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Curhat Online

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Grill Recipes

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Twitter Update

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

